Description
Buku Pengembangan Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar membahas konsep, prinsip, dan strategi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang dirancang untuk membentuk peserta didik sebagai warga negara yang cerdas, berkarakter, dan demokratis. Buku ini menekankan bahwa PKn tidak hanya mengajarkan pengetahuan kewarganegaraan, tetapi juga mengembangkan sikap, nilai, dan keterampilan sosial yang diperlukan dalam kehidupan berbangsa. Isi buku menguraikan landasan filosofis, psikologis, pedagogis, serta yuridis PKn di sekolah dasar sesuai Kurikulum Nasional. Penulis menjelaskan karakteristik peserta didik usia SD dan bagaimana guru dapat merancang pembelajaran yang aktif, kontekstual, kolaboratif, serta berorientasi pada nilai Pancasila dan Profil Pelajar Pancasila.
Buku ini juga memaparkan berbagai model dan pendekatan pembelajaran seperti problem-based learning, project-based learning, pembelajaran berbasis nilai (value-based learning), civic inquiry, dan pembelajaran berbasis isu kewarganegaraan. Secara keseluruhan, buku ini menjadi rujukan penting bagi guru SD dalam mengembangkan pembelajaran PKn yang bermakna, aktif, dan berorientasi karakter, guna membentuk generasi yang memiliki kecakapan hidup demokratis, beretos kebangsaan kuat, dan mampu berpartisipasi secara bertanggung jawab dalam kehidupan masyarakat.






Reviews
There are no reviews yet.